Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Kenapa Kita Harus Hidup Sederhana Untuk Masa Depan

Gaya hidup itu begitu banyak, mulai dari gaya hidup mewah, gaya hidup minimalis, gaya hidup boros, dan salah satunya adalah gaya hidup sederhana. Hidup sederhana itu nggak mesti orang yang merasa dirinya nggak mampu jadi terpaksa untuk sederhana. Banyak kok orang diluar sana yang hidup sederhana padahal uangnya sudah sangat banyak.

Banyak hal yang kita dapat ketika gaya hidup yang sederhana kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selalu pamer kepada orang lain itu nggak ada gunanya, hanya untuk membanggakan diri yang kemudian dari kebanggaan itu bisa menusuk ke sombongan.

Alasan kenapa kita harus hidup sederhana

Orang yang sederhana tentu akan lebih disukai oleh orang lain ketimbang orang yang ke mana-mana pamerin harta (kayak pameran saja ). Semua orang dapat menentukan masa depannya, ingin menjadi orang yang lebih baik atau stay gitu-gitu aja.

Sederhana bukan berarti kita terlihat miskin dimata orang, juga bukan berarti kita adalah orang miskin. Yap, tapi nggak usah khawatir teman-teman yang merasa ekonomi kurang karena kalian bisa terapkan gaya hidup ini.

Kalau kita lihat, rata-rata orang itu mau terlihat wah dihadapan orang lain padahal keadaan ekonominya juga pas-pasan. Untuk apa gitu ?? Yah, kalau ekonomi pas-pas jangan ditambahkan lagi beban dengan cara mencari-cari sensasi untuk kelihatan kaya.
Cukup hidup dengan sederhana dengan membahagiakan orang lain.

Apa salahnya kalau kita hidup sederhana dengan membangun impian kita yang lainnya, ini bisa kalian lakukan. Oke, berikut 7 Alasan Kenapa Kamu harus Bergaya Hidup Sederhana.


1. Hidup Hemat


Berhemat di zaman sekarang tentu sangat sulit jika dibarengi dengan gengsi kepada orang sekitar. Mulailah mencari hal yang baru dengan hidup sederhana. Kesederhanaan bukan jalan dimana harus berputus asa memulai keinginan kita.

Terkadang kita harus berkorban sedikit untuk mencapai hal tersebut, dari pengorbanan itu kita mendapatkan berbagai pelajaran didalamnya. Betapa sulit hidup ini jika tak dibarengi dengan keinginan untuk hidup sederhana.

Melihat orang lain dengan gaya hidup mewah, kita seharusnya nggak perlu iri melihatnya karena kekayaan sesungguhnya bukan berasal dari harta, melaingkan dari hati seseorang.

 Hati itu berperan aktif dalam menciptakan suasana, walau kita kaya tapi orangnya sombong. Juga, saya yakin temannya sedikit. Paling kalau ada hanya dimanfaatkan hartanya.

Maka, bergayalah dengan seadanya. Cukup dengan kesederhanaan mu akan memikat orang lain untuk berjuang dengan kamu.

2. Masa Depan


Masa depan yang cerah ada pada diri kita kini, ingin cerah masa depannya tentu perbaiki dulu masamu sekarang. Jika gaya hidup boros mu masih tertanam, bagaimana 10 tahun kemudian? Mungkin sudah bangkrut. Jika mengatur masa depan kita dengan baik pasti akan cerah kedepannya.

Ini bukan persoalan banyaknya uang, tapi perosalan apakah dengan keadaan kita bisa menjadi lebih baik atau tidak. Mulai hidup sederhana untuk mencerahkan masa yang akan engkau lalui itu.

Jangan pernah menjadikan gaya hidup sederhana ini sebagai bagaian dari beban hidupmu. Coba jadikan ini sebagai kebutuhan dari hidupmu kini. Masa depan yang cerah dapat terlihat dari masa lalunya. Tunggu apa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Tunggu mati??

3. Investasi Kedepannya


Ada orang yang berusaha untuk terus menabung, orangnya yang sederhana, dan selalu membantu orang. Orangnya ini terlihat biasa-biasa saja. Hingga muncul pertanyaan, kenapa orang ini biasa membantu sekitarnya padahal dia ini terlihat biasa-biasa.

Ternyata setelah ditelusuri, orang ini emang suka menabung dan selalu bersedah di sekitarnya. Hidupnya pun terlihat sangat sederhana, ternyata dibalik kesederhanaan orang itu terdapat kemewahan didalamnya.

Salah satu investasi terbesar kita adalah gaya hidup. Gaya hidup yang buruk, jika kita terus menerus mengikutinya akan terasa kalau itu bisa merusak masa depan.

Atau dengan gaya hidup anda saat ini, boleh lah berinfestasi sedikit demi sedikit. Misalkan membeli emas, emas seperti kita ketahui bahwa dari tahun ketahun akan naik terus harganya. Lumayan kan hidup sederhana dengan investasi.

4. Pengeluaran Tepat Sasaran


Dimasa muda apalagi pelajar, pasti dipenuhi dengan pengeluaran yang melimpah. Jika kita tidak kontrol pengeluaran tersebut, pasti pengeluaran itu akan mengendalikan kita. Dengan membuat gaya hidup sederhana pasti akan lebih hemat.

Kebutuhan dan keinginan bagi kita haruslah memiliki aturan yang baik. Salah satu kunci agar pengeluaran yang tepat dengan membedakan kedua hal itu. Dengan menahan segala macam keinginan kita dapat memberi hal yang penting.

5. Kemampuan Untuk Hidup


Seperti yang saya jelaskan diatas, kita nggak usah menjadi B padahal kita ini A. Hidupnya seseorang itu berbeda beda ada yang hidup dengan kemegahan harta atau sebaliknya. Jika kita hidup dengan kekurangan dan kesederhanaan, yah jalankan itu.

Kemampuan ini yang mendorong kita untuk hidup sederhana. Maka kehidupan yang sederhana itu kamu harus jalangkan dengan baik. Yah, walau kehidupan ini yang memaksa untuk sederhana. Tetap buat prinsip bahwa kesederhanaan itu hal yang utama dan kita nggak boleh kelewatan dalam berbagai hal.

Oke, nggak usah yah mengkuti gaya hidup orang. Pilihlah gaya hidup anda sendiri yang akan bisa berefek baik kedepannya.

6. Menahan Diri


Menahan diri untuk pebuatan atau hal yang sia-sia tentu sangat banyak manfaatnya, jangan pernah meremehkan hal kecil sekalipun. Bisa jadi hal kecil itu yang dapat berefek besar nantinya.

Tentu akan banyak godaan, apa salahnya kita menahan untuk hidup lebih sederhana. Hal ini emang berat jika kita mengiginkan berbagai hal. Belum lagi kalau ada kebutuhan mendesak atau diajak teman untuk liburan.

7. Tetap Sederhana


Siapa sih yang gaya hidupnya nggak mau lebih baik. Tentu semua ingin menjadi lebih baik, tapi ingat bahwa sederhana dalam diri kita juga harus tetap ada. Batasan dalam diri harus selalu ada karena hal yang berlebihan tentu nggak baik.

Tau kah anda bahwa milyader yang terkenal hingga kini itu seperti Bill Gates adalah orang yang tetap sederhana walau memiliki banyak harta. Seharusnya kita bisa mencontohi orang seperti mereka.. Lah Anda ??

Oke, mungkin itu pembahasan saya mengenai 7 Alasan Kenapa Harus Hidup Sederhana. Semoga dapat memberi inspirasi dan bermanfaat yah...

Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "7 Alasan Kenapa Kita Harus Hidup Sederhana Untuk Masa Depan"