Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Gaya Hidup Minimalis Orang Jepang Yang Wajib Anda Tau

Gaya hidup atau kebiasaan yang senantiasa di lakukan dan kebiasaan itu diterapkan di kehidupan sehari-hari. Gaya hidup seseorang itu berbeda beda, tergantung dari di dikannya, kebiasaan, kemauanya dan caranya dalam memandang kehidupan ini. Gaya hidup seseorang itu bisa disebabkan dari apa yang ia lihat dan kebiasaan yang sudah terbiasa di terapkan dalam lingkungannya.

Gaya hidup atau life style ini sadar atau tidak, ternyata sangat mempengaruhi kehidupan kita saat ini dan di masa depan nanti. Salah satu gaya hidup yang sangat baik untuk kita terapkan dalam kehidupan kita sehari harinya adalah gaya hidup minimalis atau gaya hidup sederhana.

Gaya hidup minimalis orang jepang

Gaya hidup orang papua tentunya berbeda dengan Gaya hidup orang bali. Gaya hidup orang indonesia tentunya berbeda dengan gaya hidup orang jepang atau korea. Kalau kita mau lihat sisi baik dan buruknya, tentu dikedua pihak pasti ada baik dan buruknya. Yah, tapi yang kita pilih pastinya yang lebih baik.

Cenderung tanpa kita sadari kebiasaan atau gaya hidup kita kini bisa dibilang sangat kurang baik, dengan aturan yang tak tertata. Maka dari itu saya ingin sedikit membahas gaya hidup minimalis ala orang jepang yang dapat kalian terapkan dalam kehidupan kalian.

Kenapa gaya hidup minimalis orang jepang ??

Yah, seperti kita tau kalau gaya hidup orang jepang sangatlah baik, dengan adab dan kebiasaan yang teratur, juga disana sangat menerapkan gaya hidup yang minimalis atau sederhana. Bukan hanya itu, orang jepang dengan kehidupan minimalisnya dapat mengurangi pengeluaran apa lagi ditengah kota yang sangat padat dan rentang pengeluaran.

Tentunya banyak keuntungan yang dapat kita raih dari kehidupan minimalis ini. Maka dengan kita menerapkan gaya minimalis dalam kehidupan kita, yakin deh terjadi perubahan besar dan mendasar pada kehidupan anda.

Berikut 8 Gaya Hidup Minimalis ala Jepang Yang Dapat Anda Contoh.


1. Perabotan Rumah Yang Simple


Orang yang suka dengan life style minimalis sangat suka dengan barang rumah dan alat-alat yang simple. Dia sangat suka dengan barang yang emang betul-betul dibutuhkan. Seperti Meja, Kursi, Lemari, dan semacamnya.

Dengan sedikitnya barang yang ada dirumah, tentu sangat memudahkan untuk dapat dibersikah. Bukan hanya itu, waktu yang dibutuhkan dalam membereskan ruangan sangatlah sedikit. Energi pun tak banyak dikuras.

Dengan barang yang sedikit, tentunya kita bisa lebih menghemat pengeluaran  untuk tidak membeli barang yang tak terlalu di butuhkan. Kalau kita lihat di kamar orang minimalis akan terasa lebih luas dan nyaman.

Ini salah satu alasan kenapa gaya hidup minimalis ini sangat disukai oleh sebagian orang.

2. Orang Jepang Tidur dengan Futon / Matras


Yang sering nonton anime atau drama jepang, pasti tau dengan futon. Yah, futon adalah salah satu tradisi yang terus menerus dilestarikan, ini semacam matras... Yang menggantikan peran ranjang.

Rata-rata orang indonesia, nggak nyaman tidur kalau bukan dengan ranjang atau spring bed. Berbeda dengan orang jepang yang kebanyakan tidur dengan gaya minimalis.

Sangat minimalis karena dapat dilipat dengan mudah, dapat dipakai kapan saja dan dimana saja. Jadi, futon sebagai matras orang jepang dan tradisi yang terus dikembangkan tentunya dengan futon tersebut akan menghemat ruangan dan terlihat lebih minimalis.

 Bukan hanya itu, ketika ada tamu dengan ruangan yang terbilang kecil. Kita bisa membuatnya lebih terasa luas dengan melipat dan memasukannya ke dalam lemari.

Gitu sih, dari pada beli kasur yang empuk dan sangat mahal. Mending tabung deh uangmu itu dan membeli semacam futon yang murah meria juga memiliki berbagai macam keunggulan.

3. Pakaian dan Barang Secukupnya


Orang jepang atau pencinta hidup minimalis akan lebih senang dengan pakaian yang cukup buat mereka ke sekolah, kantor atau dirumah. Dan tampilan dari pakainya itu sangat sederhana dan tidak banyak gaya.

Orang jepang sangat identik dengan pakain yang sederhana atau minimalis, dengan begitu bukan hanya ruangan yang lebih enak untuk dipandang, tapi juga uang tak perlu banyak untuk dikeluarkan.

Jika ingin menjadi seorang yang suka minimalis tentu tak gengsi dan suka dengan pujian orang lain. Walau pakaian yang kalian pakai itu-itu saja, yah nggak usah dengar katanya. Asal pakaian yang kalian gunakan itu bersih dan tidak menganggu ketentraman orang disekeliling kalian.

4. Pergi Dengan Sepeda atau Berjalan Kaki


Siapa sih yang tidak tau, kalau kendaraan umum dijepang itu rata-rata dengan naik sepeda atau jalan kaki. Kebiasaan ini dapat membuat hidup kita tentunya makin lebih  produktif.

Hampir seluruh masyarakat jepang berjalan kaki untuk menempu suatu tempat yang terbilang nggak jauh-jauh amat. Dan bersepeda jika perjalanannya cukup jauh. Wajar jika disana polusi dari kendaraan itu cukup sedikit, tentunya kita akan lebih sehat.

Kalau kita sih, perjalanan jauh atau dekat... Tetap tancap gas. Naik sepeda atau berjalan kaki Akan terasa lebih sederhana dan banyak manfaatnya.


5. Tidak Asal Beli


Nah, life style minimalis itu cenderung tidak akan membeli barang yang tidak terlalu ia butuhkan. Dan membeli barang sesuai dengan fungsinya, bukan karena gengsi ingin dilihat oleh orang lain.

Kalau ada barang yang lagi tren, dia lihat barang itu apakah dia butuhkan atau tidak. Kalau barang itu tidak penting-penting amat, nggak bakalan dia beli.

Jadi, jika ingin life style minimalis kita harus sedia dengan godaan keinginan kita. Uang lebih baik untuk ditabung kan dari pada boros-boros.

6. Hidup Hemat Dengan Menabung


 Bukan minimalis namanya kalau hidup dengan gaya boros dan mewah. Namanya saja minimalis. Salah satu cara agar dapat hidup dengan hemat adalah dengan cara menabung uang.

Apalagi jika kita seorang pelajar yang belum memiliki gaji tetap, wajib bagi kalian untuk menabung agar tidak boros, dengan catatan tetap bersedekah dan membantu orang lain.

Menabung emang perkara yang tak gampang bagi sebagian orang, apalagi konsisten dalam menabung, berikut 7 cara konsisten dalam menabung yang perlu anda ketahui.

Kita tidak hanya meringankan beban buat diri kita sendiri, tapi dapat mengurangi pengeluaran dari orang tua kita. Maka agar tidak bergaya hidup boros, tentunya kita harus menabung kan.

7. Mengurangi Makan Diluar


Makanan ataupun benda ini juga masuk hitungan, orang yang bergaya hidup mininalis. Dengan mengurangi makan diluar, tentu dapat mengurangi pengeluaran dan hidup lebih sederhana.

Kalau pun keluar, paling bawa makanan yang simple dan tidak merepotkan. Mungkin kalau makan diluar itu hanya sesekali dan bukan kebiasaannya.

Sehingga apa, dia mencoba membuat makanan yang higenis dengan sayuran dan makanan yang sederhana untuk dimakan dimanapun.


8. Mementingkan Prioritas Terbaik


Jadi, gaya minimalis ala jepang yang ini adalah betul-betul melihat apa yang paling penting dan dia butuhkan. Jika ada barang yang tak penting dalam ruangan orang minimalis akan cenderung untuk diberikan, dijual atau dipisahkan.

Jadi, apapun yang ada didalam rumah jika itu bukan prioritas utama akan disingkirkan dan ia lebih senang dengan barang yang sederhana.

Mungkin itu sedikit pembahasan saya mengenai 8 Gaya Hidup Minimalis ala jepang. Apa kalian tertarik dengan gaya hidup minimalis ala orang jepang ?? Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk hidup lebih baik dan lebih produktif kedepannya.

Baca juga:
Hidup Boros VS Masa Depan


Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "8 Gaya Hidup Minimalis Orang Jepang Yang Wajib Anda Tau"