Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Ciri-Ciri Anak Terindikasi Pergaulan Bebas beresta cara mengatasinya

12 Ciri-Ciri Anak Terindikasi Pergaulan Bebas beresta cara mengatasinya

Pergaulan bebas terjadi dimana-mana, hampir di pinggir jalan kita lihat remaja nongkrong tidak jelas. Remaja sekarang ini sagat rentang terkena pergaulan bebas, jadi peran orang tua sagatlah penting. Jangan sampai terlalu memanjakan atau mengerasi seorang anak karena akan berdampak kedepanya.

Oleh sebab itu, saya mau bahas bagaimana ciri-ciri anak yang terkena pergaulan bebas dan cara mengatasinya. Saya kemarin sudah bahas tentang pengertian dan dampak pergaulan bebas.

Ciri anak terindikasi pergaulan beba

Jika anda merasa di keluarga, sahabat, kerabat, ataupun yang lainya ada ciri-ciri dibawah tolong berhati-hati karena bisa jadi terjangkit pergaulan bebas.

Ciri-ciri Seorang Terindikasi Pergaulan Bebas :

1. Menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkoba.

Yah, jika namanya sudah terlarang tentu itu mengandung banyak keburukan buat kita atau orang lain. Ada banyak sekali tanda bahwa seseorang itu terjangkit obat-obatan itu.

Ada banyak orang yang dulunya sangat baik, cuman karena terjebak dengan lingkungannya hingga jadinya kenal dengan obat itu. Sebenarnya, kadang orang itu tau kalau itu buruk. Tapi, karena dia terjebak dengan teman yang selalu menggunakan barang itu hingga ditawarkan untuk mencoba juga.

2. Menjalin hubungan terlarang sebelum menikah ( seks pranikah )

Orang yang kena dampak dari pergaulan bebas sangat rentang dengan hubungan terlarang, karena rata-rata orang yang bergaul tak menuntut kemungkinan bergaul dengan sembarangan. Baik itu laki-laki, perempuan,orang dewasa sampai anak-anak.

Jika orang tua dari anak tersebut kurang perhatian dengan buah hatinya, pasti rentang dengan hubungan itu. Yang paling dirugikan disini adalah perempuannya, kalau laki-laki itu nyaman-nyaman saja.

3. Minum Alkohol

Kalau dirumah anda atau dilingkungan anda sering tergeletak minuman keras, hati-hati. Itu bisa menjadi ciri terdapat pergaulan yang kurang beres. Jika dirumah anda sering kecium bau alkohol, bisa jadi salah satu anggota keluarga anda ada yang lagi bermasalah.

Biasanya anak kena pergaulan bebas disebabkan kelalaian dari orang tua atau bisa jadi orang tuanya sering bertengkar sehingga anakpun ikut pusing dengan keadaan tersebut, belum lagi jika anak itu terdapat banyak masalah. Dia ingin melampiaskan masalahnya itu dengan minum minuman keras.

Baca juga:
6 Macam Gaya hidup buruk yang wajib anda ubah

4. Biasa Nonton Film Terlarang

Nah, didikan orang tua disini sangat penting untuk menunjang agar anaknya nggak kecanduan menonton hal yang buruk. Jika anak cenderung berada dalam kamar, anda perlu waspada bisa jadi dia melihat hal yang buruk.

Kalau kebiasaan menonton film begitu, dapat merusak sistem otak dan prilaku dari anak itu hingga akhirnya mencoba terjun bebas dalam pergaulan bebas dan mencoba langsung tentang apa yang dia tonton. Peran keluarga untuk memberikan edukasi mengawasinya sangat penting.

5. Biasa tawuran

Anak sekolah yang biasa tawuran biasanya itu punya geng disekolah atau lingkungannya. Kalau kita sudah tau ada teman yang pernah ikut tauran, sudah tak diragukan dia itu kena pergualan bebas.

6. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.


Pernah nggak sih kitaliat ada anak yang demi membeli HP, dia menghalalkan cara untuk membeli HP tersebut walau menyakiti keluarganya. Bahkan ada yang sampai menggadaikan rumahnya demi memenuhi keinginannya semata.

Jangan sampai kita merugikan mereka hanya memenuhi keinginan yang tak bisa kita penuhi. Jika kita tau keinginan tersebut susah untuk kita raih, jangan untuk menggapainya. Pintarlah dalam membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

7. Pakaian gaya-gaya barat (pakaian terbuka)

Pakaian yang terkesan modern kini itu pakaian barat. Walau pakain tersebut robek-robek, akan disukai. Kenapa?? Karena dia ikut-ikutan dalam gaya tersebut.

Padahal jika dia islam, tentunya tau kalau haram hukumnya menampakkan aurat apalagi ketat dengan apa yang dipakainya.

8. Masih sekolah sudah merokok

Anak sekolah yang sudah merokok biasanya dia hanya ikut-ikutan dengan temannya. Pergaulan bebas menjadi salah satu penyebab kenapa dia merokok.

Kalau disekolah saya, setelah bunyi bel istrirahat. Asap rokok sudah kecium dari belakang kantin.

Baca juga:
Contoh laporan mengenai pergaulan bebas dilingkungan remaja

9. Suka keluar tidak jelas (keluyuran)

Jika anak kita selalu keluyuran tanpa sebab yang pasti, bisa jadi dia hanya kumpul-kumpul dengan temannya untuk melakukan tindakan yang buruk. Kalau kita tidak mau ragu dengan pergaulannya, coba tanyakan baik-baik alasan dia selalu keluar.

Jika dia menjawab alasannya, bisa jadi dia benar dan bisa jadi dia berbohong. Coba untuk sesekali mengikutinya untuk memastikan bahwa kata-katanya tersebut benar.

10. Nongkrong tidak jelas (tidak ada gunanya).


Yang mencirikan anak kita bergaul dengan benar adalah tongkrongannya, apakah dalam pergaulannya ada hal bermanfaat atau hanya sia-sia. Dari hal yang sia-sia ini dapat menjerumuskan anak kita dalam dunia gelap. Maka dari itu, kenali temannya atau suasananya.

11. Biasanya suka begadang

Anak yang suka begadang sampai tengah malam ini bisa menjadi salah satu ciri pergaulan bebas yang menimpahnya. Biasanya jika anak tersebut tidak melakukan hal bermanfaat untuk begadang. Dia bisa jadi chat-chatan dengan lawan jenisnya atau bermain game.

12. Suka bergaul dengan lawan jenisnya.

Pergaulan itu perlu untuk dibatasi, jangan bergaul dengan semabarangan apalagi yang dapat menjerumuskan kita kedalam hal yang buruk seperti bergaul dengan lawan jenis yang tak berguna. Jika ada kepentingan tertentu, yah nggak masalah...

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas dilingkungan Remaja

1. Membuka pola pikir

Dia harus berani membuka pola pikir, mencoba untuk berpikir bahwa apa yang aku lakukan ini sagat salah dan bisa merusak masa depanku dan orang disekitarku. Cara ini sagat membantu dalam mengatasi pergaulan bebas, orang-orang disekitarnya harus ikut membantu membuka pola pikirnya.

2. Memperbaiki Cara Pandang

Dalam arti melihat hal-hal positif hindari yang dapat membuat kita terjerumus, selalu berpikir kedepan.

3. Tidak melanggar syariat agama

Pasti di dalam sebuah agama memiliki aturan yang positif dan wajib untuk di taati, jadi kita harus mengikutinya.

4. Mengerjakan hal-hal positif

Jika kalian selalu mengerjakan hal-hal yang baik, saya pastikan kalian susah untuk terjangkit pergaulan bebas. Kalian bisa mulai dari membantu orang lain.

5. Berpikir dewasa

Kalian harus berpikir dewasa bahwa ini baik untuk saya kerjakan atau membuat saya rugi.

6. Hidup sehat

Dalam arti kalian harus berhenti menggunakan narkoba, obat-obatan terlarang, nonton17+, tawuran, dll yang bisa merusak diri kalian. Coba menjalani hidup dengan bahagia cari hal-hal senag yang positif.

7. Bersosialisasi

Kalian harus memberi himbauan kepada diri kalian dan orang lain ada dampak dan bahaya dari pergaulan bebas ini.

8. Perbanyak mecari ilmu

Jika kalian mempersibukkan diri untuk mencari ilmu yakin saja kalian susah untuk terpengaruh dengan dunia luar.

9. Minta dukungan orang terdekat

Jika kalian mau menjadi lebih baik minta dukunganlah kepada orang terdekat agar mereka bisa memotivasi kalian.

10. Komunikasi Antar Sesama Yang Baik

Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk terhindar dari pergaulan bebas.

11. Menonton Acara Yang Baik

Cara efektif lainya adalah ini, dengan tidak melihat hal-hal yang buruk akan susah untuk terpengaruh.  Banyak hal-hal negatif yang dapat dilihat di tv ataupun situs-situs lainya yang membuat remaja penasaran dan mencoba menirunya.

Oke itulah sedikit pembahasan saya mengenai 13 Ciri-Ciri Anak Terindikasi Pergaulan Bebas beserta cara mengatasinya Saya doakan semoga kalian tidak terpengaruh dengan hal-hal yang buruk.
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "12 Ciri-Ciri Anak Terindikasi Pergaulan Bebas beresta cara mengatasinya"