Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

cara mengatasi dan penyebab bullying di kalangan remaja sekolah

Beragam masalah yang dialami oleh para remaja saman sekarang mulai dari pergaulan bebas, tindak kriminal, pengguna atau pengedar barang terlarang dan salah satunya adalah bully. Saya yakin itu semua ada yang menyebabkan, jadi saya akan mencoba membahas perkara ini mulai dari penyebabnya sampai cara menanganinya..

Mungkin masih ada diantara kita yang belum mengenal yang dimaksud bully. Jadi mari kita simak dibawah apa yang dimaksud bully. Kalau menurut saya Bully itu adalah suatu bentuk kekerasan yang terlampiaskan kepada seseorang atau sekelompok orang yang menyinggung perasaan ataupun dengan kekerasan fisik.

Penyebab dan cara mengatasi bully di sekolah

Saya sagat prihatin dengan orang yang selalu menjadi target bully karena mungkin mereka belum merasakan apa yang dirasakan orang tersebut (target bully). Sadisnya saya pernah baca-baca di medsos, bahwa ada seseorang yang bunuh diri karena perkara bully ini. Oke tampa berbasa basi mari simak pembahasanya.

Contoh Bully Di Kalangan Remaja:

1.  Melakukan perampasan uang atau pemajakan di sekitar sekolah.

2. Mempermalukan teman di depan orang banyak.

3. Melakukan kekerasan fisik kepada temannya  sendiri.

4.     Melakukan pengancaman jika merasa ada masalah.

5.     Menyebarkan fitnah(gosip) yang bertujuan mempermalukan temanya.

Penyebab Bully Dikalangan Remaja

Sekarang itu lagi marak-maraknya bully di era milenial ini oleh sebab itu kita harus tau kenapa buliying sering menimpa diri kita ataupun orang orang disekitar kita.

1. Faktor Ekonomi

Kebanyakan remaja atau anak-anak di bully karena mungkin di pandang sebagai orang yang kurang mampu, Sebenarnya orang yang meremehkan orang lain ini mungkin merasa dirinya lebih dari pada yang lain.

Tapi kita tidak tau kedepanya, bisa jadi mereka akan menjadi orang yang sukses dan orang yang selalu di bully bisa jadi menjadi sebaliknya. Saran saya, janganlah kalian memandang orang dari sisi ekonominya karena kita tidak tau kedepanya bagaimana.

kita baru diberi harta ,sudah sombong. Seharusnya syukurilah pemberian tuhan tersebut, jika bisa sedehkakanlah kepada saudara kita yang lebih membutuhkan.

2. Mau dianggap paling berkuasa

Orang yang lemah itu sebenarnya orang yang membully bukan orang yang dibully .Orang yang seperti itu seharusnya tidak usah di dengar, karena dia sebetulnya sosok yang hanya tau kekurangan dan mencari kekurangan orang lain.

3. Apa yang dilihat

Pembully biasanya ingin dilihat sebagai sosok yang kuat dan keren yang mengambil contoh dari film action atau di dalam game.

4. Kurang Perhatian

Pembully ini pasti kurang perhatian dari orang tuanya atau orang orang disekitarnya sehingga mencari perhatian dengan cara menghina,mengejek,mencaci. Yang sebetulnya dia memiiliki aib lebih dari orang lain.

5. Menyimpan Dendam 

Biasanya pembully pernah di bully dan mungkin dia masih menyimpan dendam dan ingin melampiaskan kemarahanya kepada orang lain.

Ini beberapa cara mengatasi bully dikalangan remaja sekolah

1. Jika merasa diri kalian di bully, janganlah mendengar perkataanya, anggap saja ada angin yang lewat.

2. Sabar dalam megatasi hal tersebut dan usahakan tidak mengambil tindakan yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

3. Curhatlah kepada teman atau sahabat dan orang-orang terdekat kalian, curahkanlah isi hati kaliat agar lebih merasa tenang.

4. Jika ada teman kalian yang sedang di bully kamu harus berani membelanya dan membantunya.

5. Lapor kepada guru atau orang di sekitar kalian jika merasa tindakan tersebut kelewatan.

Motivasi Buat Kalian Yang Sering Di Bully

  •  Orang yang miskin itu tidak dilihat dari hartanya tetapi dari hatinya.
  •  Sabarlah jika ingin mendapatkan hasilnya.
  •  Orang yang selalu menghinamu, sebenarnya ialah orang yang iri kepadamu.
  • Janganlah menyianyiakan orang yang peduli kepadamu.
  •  Masa depan ada pada diri kita hari ini, jadi manfaatkanlah.
  •  Fisik yang kedua, yang pertama itu hati.
  • Orang yang suka menghina, sebenarnya dialah orang yang lemah
  • Keputusan hari ini akan menentukan kesuksesanmu di masa yang akan mendatang.
  •  Jadilah orang yang Sabar karena pasti benihnya akan di petik di kemudian hari.
  •  Jadilah orang yang selalu memperdulikan orang lain, bukan selalu di pedulikan.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bully dikalangan remaja yang dapat kita ambil hikmahnya, semiga ini dapat membantu teman-teman yah... Tetap semangat dalam menjalani hari-harinya.

Baca juga :
Contoh laporan mengenai pergaulan bebas dikalangan remaja 

Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "cara mengatasi dan penyebab bullying di kalangan remaja sekolah"