Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Alasan Kenapa Kita Harus Menghargai Orang Lain

6 Alasan Kenapa Kita Harus Menghargai Orang Lain 


Salah satu hal yang paling saya senangi dari orang adalah ketika menghargai sesamanya walau orang itu nggak menghargai dia.  Teman yang baik tentu senantiasa menghargai segala kekurangan yang kita miliki, bukan malah kurang ajar padanya.

Semakin kita berteman sebenarnya itu semakin baik kepadanya, bukan semakin kurang ajar candaanya. Bercanda sih boleh, tapi kalau sudah kelewatan batas itu nggak bagus juga.

Banyak hal yang menyebabkan orang tidak menghargai kita, tapi kali ini saya mau membahas alasan kenapa kita harus menghargai orang lain.

Alasan menghargai orang lain

Melakukan sesuatu dengan orang lain akan lebih menyenangkan jika kita saling suport satu sama lain. Rasanya jika ada yang kurang suport ke kita, misalkan di sekolah kita ini sebagai siswa yang agak beda dengan yang lain, ini beda dalam artian kekurangan yah. Pasti deh ada saja orang yang selalu membuly.

Memulai hari di sekolah dengan penuh semangat pun langsung terhenti. Manusia pasti memiliki kekurangan, dengan demikian kita sebagai manusia harus membantu mereka.

Berikut saya ingin bahas alasan kenapa kita harus menghargai orang lain.

1. Kenalan Baru


Seperti yang saya sampaikan diatas, orang yang kita sudah kenal betul, tentu lebih akrab mungkin kita lebih jail ke dia. Berbanding terbalik dengan kenalan baru atau orang baru yang kita sebelumnya belum kenal. Sehingga, pada saat sapaan pertama begitu ramah dan terus berlanjut.

Wajar sih, karena dia orang baru dihidup kita dan karakter darinya belum kita kenal. Jadi menghargainya lebih mudah untuk kita lakukan. Kenalan pertama itu juga dapat membuat kita dikenal baik olehnya atau buruk.

Tunggu aja beberapa bulan atau pekan setelah mengenal orang itu, pasti sudah bisa kecolongan ngomong dan rasa jail-jailnya mulai muncul. Coba untuk selalu mempertahankan sikap baik anda, seperti baru kenal yah..

2. Dihargai Dan Menghargai


Menghargai orang tentu kita juga dapat timbal baliknya, orang itu akan lebih menghargai kita.  Yah itu sangat betul. Ini salah satu alasan mendasar orang menyukai kita.

Bukan hanya itu, banyak keutamaan jika selalu menunjukan respect positive kepada orang sekitar, contohnya di bantu jika mengalami masalah, orang lain tentu akan mengenal kita lebih dalam, bahwa sikap orang ini sangat baik.

Menghargai bukan perkara yang sulit jika ingin kita laksanakan, yang sulit itu jika kemauan dan keegoisan terdapat dalam diri kita yang sulit terkendali.

Menempu jalan hidup yang gemilang dengan menghargai berbagai perbedaan mendasar ini akan menjadi salah satu kunci bertahannya sebuah hubungan pertemanan.

3. Hubungan Erat


Hubungan yang begitu erat tentu akan mendasari kokohnya sebuah benteng dari hubungan tersebut. Hubungan ini bisa dalam golongan darah, bisa kerabat, teman, atau pasangan hidup.

 Cenderung jika kita sudah bersahabat dengan seseorang akan sangat menghargai dia, yah walau pun terkadang pertengkaran terjadi di kedua belah pihak.

Contoh saja, kamu ini punya sahabat yang sering di bully di kelas. Jika dia dibully seharusnya kamu marah karena dia di bully. Kenapa kamu marah ?? Salah satu alasan karena kamu akrab betul dengannya.

Buat hubungan erat dengan orang lain dengan hubungan ini kamu bisa melandasi petemanan yang lebih erat. Dengan catatan, carilah teman yang selalu menasehati dalam kebaikan akan membuat pertemanan lebih terjaga.

4. Orang Dewasa


Haha, alasan yang satu ini adalah paling final sih... Saya yakin kita akan selalu menghargai orang yang lebih tua dari kita, karena pada hakikatnya dia di tuakan. Seperti misalkan guru dan siswa.

Kedua itu adalah seorang manusia, yang membedakan hanya umurnya. Pada saat kita berbicara dengan siswa atau teman sebaya kita, saya yakin bicaranya kebanyakan belak-belakan. Berbeda ketika kita bicara dengan yang lebih tua, sikap yang diambil pastinya lebih sopan dalam berbicara atau bertindak.

Hal yang patut disayangi ketika ada anak kecil yang kurang ajar terhadap orang yang lebih tua darinya, contohnya ketika kita kurang menghargai orang tua. Padahal begitu banyak pengorbanan dalam membiayai dan mendidik kita.

5. Menjadikan Hidup Harmonis


Hidup harmonis nggak akan bisa terjadi jika kita memiliki sikap yang kurang bijak ke seseorang. Walau kita berbeda agama, suku ataupun ras yang intinya kita harus selalu hidup damai.

Dengan satu kata kunci yaitu menghargai mereka, akan membuat pertemanan makin lengket, akan membuat hidup yang kita jalani makin tentram dan harmonis.

Nggak usah selalu mencari kesalahan orang lain, untuk apa kita menjelek jelekkannya yang belum tentu kamu lebih baik darinya. Maka, hiduplah dengan harmonis dengan saling mencintai satu sama lain.

6. Hubungan Baik Terjaga


Mungkin kita ini punya teman yang akrab, sesekali kita mencoba untuk bercanda walau agak kelewatan. Walau kita sahabat, Mungkin dari candaan itu dia merasa sakit hati dan di rugikan. Pertemanan yang semulanya merekat, hingga mulai renggang.

Menjaga hubungan baik dengan menghargai sesama harus menjadi proritas utama dalam menciptakan hubungan tersebut. Maka dari itu, ayo saling hormat menghormati siapapun orangnya.

Mungkin itu saja pembahasan saya mengenai 6 alasan kenapa kita harus menghargai orang lain. Semoga dengan artikel ini kita makin menjadi pribadi lebih baik lagi..

Baca juga:
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "6 Alasan Kenapa Kita Harus Menghargai Orang Lain"