Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Dampak Negatif Pacaran Dan Dampak Positif Jomblo bagi remaja

Halo teman-teman coba kalian pikir dulu dalam hati kalian apa sih keutamaan pacaran buat kalian? Ya kalau menurut saya pacaran itu tidak ada gunanya cuma buang-buang waktu saja.

Dan saya coba bertanya kepada teman-teman saya yang jomblo(sabar mblo) saya bilang kepada mereka kenapa sih kalian tidak mau pacaran?

 Mereka bilang “pacaran kan itu buang-buang uang orang tua saja, boros waktu lagi, ada juga yang bilang dilarang Allah , pacaran itu perbuatan zina, mengundang murka Allah”.

jujur sih saya kagum dengan jawaban mereka dan memang sih semua itu benar. Saya juga bertanya kepada yang punya pacar, kenapa sih kalian mau berpacaran? Mereka spontan menjawab “saya suka sama dia(wah-wah) dan ada juga menjawab karena dia cantik, ganteng, pintar".

 Oke dari pada kita berbasah basi di sini mari kita membahas lengkap apa sih itu pacaran? Dan apa sih itu Jomlo? Sebelum kita masuk ke pembahasannya alangkah baiknya saya akan menjelaskan definisi dari jomblo dan pacaran.

Disini saya akan membahas seputar dampak pacaran yang tidak membawa unsur Islam karena kalau saya membawa pacaran menurut Islam, pembahasannya akan panjang, mungkin saya membahasnya di lain waktu saja.

Tujuan saya membuat artikel ini sebenarnya tidak bertujuan untuk menyinggung suatu pihak tapi saya ingin membuka pikiran teman-teman bahwa pacaran itu sangat berdampak dalam kehidupan kita.

Definisi Jomblo:


Setelah saya simpulkan jomblo adalah perbuatan untuk menahan segala perbuatan yang dapat menjerumuskan kita kepada zina yang dilakukan untuk menahan godaan setan.

Definisi Pacaran:


Setelah saya simpulkan pacaran merupakan perkenalan 2 orang yang berlawanan jenis yang sama-sama menyukai dan selalu meluangkan waktunya untuk bersama.

Oke… mari kita membahas semuanya dari berbagai sisi.

Dampak negatif dari pacaran antara lain:

1.    Pelajaran Terganggu


Ya… jelas bahwa kalau kita berpacaran pelajaran sekolah kita akan terganggu. Pasti tugas –tugas tertunda karena mungkin kita chat seharian dengannya atau keluar bersama pacar, karena itulah pacaran mungkin akan mengganggu konsentrasi belajar kita sehingga disaat ulangan tidak dapat mengerjakan ulangan yang diberikan oleh guru dengan baik, akibatnya mungkin yang dari prestasi bagus ke prestasi buruk karena dampak dari pacaran tersebut.

Baca juga:
Memanfaatkan waktu dalam islam

2.    Menghambur-hamburkan uang


Orang yang sedang pacaran pasti akan rela menguras uang mereka demi membahagiakan pacarnya, walaupun uang itu bukan uang miliknya sih, uang yang seharusnya dan sebaiknya untuk ditabung atau dibelikan untuk sesuatu yang lebih positif malah digunakan untuk pacarnya yang belum tentu menjadi jodohnya.

3.    Positive hamil dan penyakit seksual yang menular


Banyak orang yang menganggap pacaran itu tidak mengakibatkan zina(bersetubuh) kalau bisa mengatur batasan dirinya , menurut saya tanggapan tersebut sagatlah salah karena tidak ada yang tau bisa saja setan datang dan menggodanya.

Saya pernah membaca  survei membuktikan bahwa 90% orang yang berpacaran itu berpegangan tangan, 59% pernah berciuman. 2,1-2,4 Jt perempuan pada setiap tahunya melakukan pratek aborsi bahkan 30% diantaranya dilakukan oleh remaja.

4.    Menguras waktu dan tenaga


Waktu demi waktu berlalu begitu saja pada saat kita berpacaran. Setiap harinya mungkin banyak orang yang chat-chatan dengan pacarnya, pergi jalan-jalan,nongkrong berduaan,dan itu semuanya sebenarnya sih sangat menguras banyak tenaga.

Kegiatan tersebut adalah kegiatan yang bisa dibilang tidak berfaedah, kalau saya pribadi lebih baik kumpul-kumpul bersama keluarga ataupun dengar-dengar kajian yang dapat menambah ilmu kita.

5.    Terjadi pertengkaran

Dalam sebuah hubungan pasti ada yang namanya pertengkaran, baik pertengkaran melalui lisan ataupun secara fisik. Pertengkaran itu bisa dipicu oleh banyak faktor . Hingga pertengkaran bisa berujung ke pada maut, pasti pernah dengarkan banyak berita yang beredar bahwa pacarnya membunuh pacarnya sendiri. Dan jarang ada orang kalau pacaran tidak berakhir dengan kata “putus” , yang mengakibatkan tali Silaturahmi juga ikut putus.

Ya sebenarnya sih masih banyak lagi dampak negatif dari pacaran ini...ya sementara dampak positif pacaran itu menurut saya sangat sedikit bahkan tidak ada, Jadi saya tidak membahasnya.

JOMBLO

Oke… saya akan membahas sedikit dampak positif dari jomblo itu:

1.    Konsentrasi Meningkat

Coba diperhatikan bahwa jika kita tidak berpacaran maka kita akan lebih fokus pada pelajaran dibandingkan dengan yang berpacaran. Mengerjakan pr tepat waktu, prestasi meningkat dan jadi kebanggaan orang tua.

2.    Menjauhi zina


Memang zina itu sulit sekali untuk dihindari dengan kita tidak berpacaran ini merupakan salah satu langkah untuk menghindari yang namanya zina.


3.    Lebih bebas


Dengan tidak berpacaran kita lebih bebas dalam melakukan segalah hal dan tidak dibatasi oleh pacar kita. Bebas dalam arti melakukan segalah hal yang baik dan lebih positif.

4.    Bayak teman


Tidak seperti pacaran yang kalau putus akan berdampak pada tali silaturahmi. Kalau tidak pacaran apa tidak ada teman curhat? Ah… ini sangat salah, justru tidak pacaran itu lebih bayak teman Curhat dan lebih dekat dengan keluarganya.

5.    Menjaga harga diri wanita

Dengan kita tidak berpacaran tentu kita justru menjaga martabat seorang wanita tersebut. Karena kita menjaga dia dari tidak berzina, menjaga silaturahmi, dan menjauhkan dari murka Allah.

Jomblo itu keren loh… ya mblo tidak usah sedih ingat saja Allah bersama kalian.
Masih banyak sih dampak-dampak Positif dari jomblo dan itu salah satunya…

Jika kalau mau dipikir sih, jomlo itu banyak sekali dampak positifnya. Mungkin kalau dampak negatifnya tidak ada, jikalau ada yang bilang itu pasti orang yang punya pacar.

Terima kasih telah membaca artikel saya ini semoga bermanfaat,  jika banyak salah kata mohon dimaafkan dan yang baik tolong dimanfaatkan dan dijadikan pelajaran kedepanya.

Baca juga:
5 Alasan kenapa kamu harus berhenti sindir orang di medsos
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "5 Dampak Negatif Pacaran Dan Dampak Positif Jomblo bagi remaja"