Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Menabung Bagi Pelajar

7 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Menabung Bagi Pelajar


Mungkin kalian yang disana lagi galau-galaunya memikirkan tabungan yang makin hari makin kecil, bahkan mungkin banyak dari kita yang sudah menabung, mungkin tabungannya baru 1 pekan sudah ludes... Haha.

Emang konsisten dalam suatu perkara yang baik itu susah sekali, seperti konsisten dalam menabung. Tips yang saya bagikan ini sebenarnya bukan hanya mengarah ke kaum pemuda atau remaja melaingkan kesemua jenjang usia.

Saya targetkan kenapa ke remaja? 

Yap. Remaja belum mempunyai penghasilan tetap. Paling kalau ada penghasilannya itu dari bisnis-bisnis yang mereka lakukan. Remaja juga sangat memerlukan berbagi fasilitas pendukung dalam berbagai aspek, seperti laptop, HP, dsb.

Tips menabung bagi remaja

Mungkin juga memiliki keiginan untuk membeli barang yang mereka butuhkan ataupun inginkan. Yah, kita pasti semua tau kalau kita belum memiliki gaji, atau bisa dibilang sih masih minta ke orang tua.

Kita juga sebagai anak pastinya harus peka dengan keadaan mereka, jangan sampai mereka menderita karena keinginan kita beli itu dan itu, yah walau itu sebuah kebutuhan sih...

Penulis Cerita Milenial ini juga seorang pelajar yang tentunya sangat mengerti keadaan pelajar saat ini.

Pernah kita dengar kata pepatah " Menabung Pangkal Kaya " itu sebenarnya pemikiran kapitalisme yang sangat jauh dari ajaran islam. Kalau dalam islam itu " Kaya Dengan Sedekah " ... Wah. Pemikiran itu sangat jauh dan nggak akan pernah bersatu. Seperti kutub Negatif dan Positif.

Menabung bukan berarti kita harus menjadi pelit yah, apalagi nggak mau sedekah. Itu sangat salah kawan... Dengan kita bersedekah  baik itu dimasjid atau orang sekitar, yakin deh.. pintu rezeki akan dibuka selebar lebarnya.

Maka dari itu, jangan pernah pelit dalam bersedekah ataupun menganggap sedekah itu sebagai penghalang terkumpulnya tabungan kita.

Maka dari itu kawan, saya ingin sedikit membagikan tips agar kita bisa konsisten dalam menabung utamanya bagi pelajar. Yuk, sedikan kopi atau teh menemani hari kalian dengan membaca tulisan ini...

Tips Konsisten Menabung Bagi Pelajar :


1. Tentukan Tujuan atau Niat


Tujuan sangat penting dalam menggapai apa yang kita harapkan, menabung tanpa tujuan seperti Makan tanpa tangan. Yang pertama, tentukan tujuanmu menabung.

Kenapa kalian ingin menabung? Apa kalian ingin membeli Laptop atau HP. Dengan tujuan yang jelas seperti itu kita lebih mudah mencapai target dengan nominal harga yang telah kita tetapkan.

Kenapa sih harus ada tujuan ?
Teman-teman seperti ketika kita ingin pergi kesebuah tempat, tentunya harus ada tujuan yang jelas. Bagaimana kita ingin sampai ketempat itu tanpa tujuan yang pasti, bahkan kita bisa tersesat.

Selain kita lebih mudah meraih apa yang kita inginkan, jika kalian orang islam pasti tau kalau kita dilarang mengumpul ngumpulkan harta, tanpa tujuan yang jelas karena sebagian harta kita itu juga ada harta orang lain di dalamnya.

Kalau tujuan saya menabung, ingin membeli Laptop agar lebih memudahkan aktivitas saya. Saya juga dengan menabung dapat menghemat pengeluaran yang seharusnya tidak dihamburkan.

Dengan saya menabung, orang tua juga tidak terlalu repot jika kita mengiginkan sesuatu, karena masih ada uang celengan. Belum lagi kalau ada keperluan sekolah yang mendadak, kan kita sudah siap sedia.

Yah, itu yang pertama... Jika ingin konsisten menabung. Ingat kembali apa tujuan kamu mau nabung.

2. Tentukan Target Menabung


Target sangat penting ketika kita menabung. Menargetkan sesuatu akan lebih mudah tentunya, karena kita mempunyai titik fokus yang jelas.

Seorang pemanah handal, pasti dikatakan baik dan profesional ketika selalu tepat sasaran dalam membidik sesuatu. Seperti itulah juga tabungan, akan lebih cepat penuh dan membuat kita lebih konsisten jika target yang kita buat dengan baik.

Dengan membidik tepat sasaran akan lebih mudah dalam mencapai tujuan yang kita harapkan, maka dari itu coba tentukan target anda dalam menabung.

Misalkan, saya ingin membeli sebuah HP dengan merek ini, dengan harga sekian... Misalkan harganya 1 juta. Yah, pastinya saya akan terus berusaha dan mencoba untuk konsisten menabung hingga tercapai 1 juta.

Kalau kita seorang pelajar, setidaknya menyisihkan 90 % dari uang yang engkau bawa kesekolah.

3. Motivasi Buat Nabung


Ingat kembali tujuan dan target, kenapa kalian ingin menabung ? Tentunya jika kalian malas untuk menabung atau sering mengambil sedikit demi sedikit uang tabunganmu.

Kalian dapat memotivasi diri kalian sendiri untuk menabung, atau bisa melihat di google motivasi agar kalian selalu semangat dalam menabung. Juga lebih baik lagi kalau nonton di youtube.

Motivasi ini hampir seperti iman lemah, pasti ketika iman kita lemah, yah harus diperkuat kembali dengan mencasnya, dengan apa?? Tentunya mengkaji islam.

Mungkin awal kita nabung, wah semangatnya luar biasa.. Tapi ketika melihat barang yang wah. Imannya langsung lemah, kepingin untuk beli. Yah, kalian harus selalu cas niatnya agar selalu konsisten dalam menabung.

4. Bawa Bekal Kesekolah / Kantor


Dengan kita membawa bekal, tentunya akan lebih hemat sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak menyisihkan uang jajan. Yah, kecuali kalau tidak punya uang jajan sih.

Tapi, saya yakin 90 % disini punya uang jajan yang wah, minimal 2 ribu. Atau mungkin kalian diberi uang perbulannya, juga wajib kalian sisihkan.

Bawa bekal akan sangat membantu, jangan malu untuk membawa bekal kesekolah karena itu adalah salah satu kunci prioritas untuk mencapai kesuksesan tabunganmu.

5. Buat Jadwal untuk Menabung


Jadwal tentunya akan lebih memicu kita untuk menabung, dengan jadwal pastinya kita akan lebih teratur untuk mengatur keuangan.

Misalkan kita ingin menabung setiap hari, coba buat kan jadwal dengan nominal paling sedikit tabung berapa dan yang paling banyak itu tak terbatas secara konsisten.

Dengan kita membuat jadwal, jadwal ini nantinya akan mendorong kita untuk selalu konsisten dalam menabung setiap kali kita mengigatnya.

6. Jangan Berpikiran Sempit


Jangan pernah niat kalian untuk menabung itu karena ingin ria, pamer dan semacamnya. Itu bukan tujuan dari menabung.

Jangan niatkan jika ingin menabung itu karena gengsi.. Kalau itu niat kalian pasti susah banget untuk konsisten, sedikit - sedikit liat barang ini. Maunya beli lagi.

Jadi, wajar sih kalau uang kalian belum beberapa pekan dicelengan sudah terkuras bin habis.


7. Doa


Jika kalian sudah melakukan semua diatas, jangan lupa untuk berdoa karena doa ini salah satu penguat iman kita untuk bisa istiqomah berbuat kebaikan.

Doa adalah kunci utama selain dari kegigihan dan kalaian dalam menabung. Istiqomah akan senantiasa kita raih jika berusaha dan terus berusaha disertai dengan doa.

Istiqomah itu yah, emang berat sekali teman-teman terutama mengerjakan sesuatu yang baik, sebaliknya akan terasa mudah jika itu buruk. Jangan mudah kepancing dengan hal buruk dan mengikuti langkah setan...

Mungkin itu sedikit tips dari saya agar kita bisa lebih rajin dan konsisten untuk menabung, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian terutama buat saya sendiri...

Yap, semangat yah. Coba ceritakan pengalaman nabung kalian dikolom komentar.
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "7 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Menabung Bagi Pelajar"