Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Kesalahan Dalam Menabung yang Wajib Kalian Tau

6 Kesalahan Dalam Menabung yang Wajib Kalian Tau

Mungkin diatara teman-teman selalu berfikir, kenapa sih uang ditabungan saya nggak pernah full-full padahal ada kebutuhan tertentu yang ingin dibeli.

Ternyata ada banyak sekali kesalahan yang dapat kita perbuat ketika mengumpulkan uang yang wajib anda ketahui saat sedang menabung, jangan sampai kalian menabung hanya sia-sia.

Kita tentunya memiliki tujuan dalam menabung dan mengharapkan uang yang kini kita kumpul untuk mencapai harapan kita. Tapi, kalau tak dapat mengatur keuangan dengan baik. Yakin deh akan sangat sulit untuk mencapai tujuan tersebut.

Kesalahan menabung yang wajib kita tau
Kesalahan Menabung

Tahukah kita bahwa banyak sekali kesalahan yang dapat kita lakukan ketika menabung uang, hingga saya berfikir mungkin artikel ini dapat membantu teman-teman agar dapat menjadi pelajaran kedepannya atau dapat membantu permasalahan teman-teman yang kini anda hadapi.

Berikut 6 Kesalahan dalam menabung yang kalian ketahui.

1. Menabung Karena Gengsi


Gengsi atau malu pada sesuatu yang merasa dirinya tak mampu untuk bersaing dengan kelas yang lebih wah. Ingin selalu dipuji dan dilihat oleh orang lain ini salah satu ciri dari orang gengsi.

Yah, menabung karena gengsi sangatlah berdampak pada tabungan yang kini engkau simpan. Mungkin diantara kita ada yang menabung karena ingin membeli ini dan itu agar dapat dipamerkan dan terlihat kaya.

Ini kesalahan fatal dalam menabung yang bukan memberi efek yang baik untuk keberlangsungan tabunganmu tapi malah sebaliknya akan membuat tabunganmu itu sangat sulit untuk terkumpul.

Coba perbaiki dulu niat dan tujuanmu baik-baik, jika tujuan atau niatmu kurang baik dalam menabung itu akan membuat tabunganmu sulit di kumpulkan.

Kalau melihat ada tas yang lagi tren, yah hatinya sudah menggebu gebuh ingin membelinya. Jika kita menabung karena melihat dan ingin dilihat lebih wah oleh orang lain... Saya yakin 90 % tabunganmu akan mengalami kegagalan.

Menabunglah karena memiliki tujuan dan fungsi bukan karena gengsi. Jika kita menabung karena tujuan yang jelas tentunya masa depan dari celengan kalian akan jelas pula. Tentukan fungsi yang kalian butuhkan tanpa melihat pandangan orang lain yang mengarah kepada anda.

Jadi yang pertama jangan menabung karena gengsi tapi menabunglah karena fungsi dari tujuan kalian.

2. Suka Menghamburkan Uang


Menghamburkan uang dalam artian, yah uangnya ada tapi sayangnya sangat sulit untuk disimpan. Bawahanya mau dibelanjakan terus.

Yah, niatnya ada dan tujuanya pun sangat jelas. Tapi, sangat susah untuk menabungnya. Kalau ada penjual bakso lewat, yah beli... Apapun pokoknya rasanya ada yang kurang kalau nggak dibeli.

Bagus kalau uangnya itu dikeluarkan untuk sedekah dan hal yang bermanfaat. Kalau ada barang yang seharusnya bisa kita kendalikan, maka usahakan untuk mengendalikan keinginan kita. Intinya, jangan suka menghamburkan uang.

3. Tidak Sabaran


Konsisten dalam berbuat baik seperti menabung itu adalah perkara yang sangat sulit. Banyak orang yang gagal dalam mencapai tujuan dari dia menabung karena sudah tidak bisa tahan untuk memakai uangnya.

Tidak sabaran ingin belanja, akhirnya apa ? Tabungan yang iaa kumpulkan ludes seketika.  Jika ingin menabung kita harus siap dengan resikor kedepannya, seperti konsisten nabung.

Emang ini bukan hal yang mudah, jika kita menabung dan menghemat pastinya hidup kita kedepannya bisa lebih efektif lagi. Orang yang berotot, tak mungkin dia berotot jika tak konsisten dan bersabar untuk olaraga dan mengangkat beban, hingga ia sendiri melihat hasilnya.

Maka dari itu, konsisten dan bersabar untuk terus nabung sangat menunjang keberhasilan tabungan kalian.

Sangat banyak pertanyaan dari teman-teman kalau konsisten menabung itu sangatlah susah, kebetulan saya sudah buatkan artikel... Silahkan dibaca ( 7 Tips Agar dapat konsisiten Nabung )

4. Jangan Menabung Secara Terpaksa


Situasi atau lingkungan dapat membuat kita semangat dalam menabung. Misalkan kita menabung untuk lebaran idul fitri dan kita berfikir... Kalau saya nggak nabung sebelum itu. Masa saya nggak memberi dan menunjukan apa-apa kepada mereka.

Kembali lagi, kita menabung karena malu dan gengsi kepada orang lain... Ini akan membuat pikiran dan keuangan kita ikut kacau. Alhasil apa... Emas dan barang berharga yang kita miliki berusaha untuk digadaikan agar uang tabungan ( THR ) dapat terkumpul.

Ini boleh kita lakukan, cuman jangan memaksakan kehendak untuk itu semua.

Berbeda halnya kalau kita lihat situasi ekonomi keluarga kita emang tidak memungkinkan. Kita pun berusaha menabung dan mengumpulkan uang untuk membantu mereka.

5. Hal Kecil Disepelekan


Terkadang kita selalu menyepelekan hal yang terlihat kecil, padahal itu bisa membuat tujuan kita berhasil. Sering kali kita sepelekan uang logam yang tergeletak dimeja... Padahal jika kita ingin berusaha mengumpulkanya itu bisa menjadi uang yang sangat banyak.

Bisa jadi hal kecil yang kini kita sepelekan akan sangat berpengaruh besar terhadap tujuan kita. Sesuatu yang besar pasti kita mulai dari hal yang kecil dulu.

Orang yang sukses kini, kebanyakan memulai dan terus mencoba dengan hal-hal kecil terlebih dahulu hingga ia dikenal banyak orang. Jangan pernah kita sepelekan hal kecil apapun itu.

6. Tidak Mencatat Pengeluaran Dan Pemasukan


Pengeluaran itu sangat penting untuk kita catat, kita akan lebih produktif dalam menabung jika kita mencatatnya. Kita juga dapat melihat apa-apa saja pengeluaran dengan mencatatnya.

Tentunya dengan mencatat, kita akan lebih hemat dan tidak boros mengeluarkan uang. Catatan itu juga dapat menjadi alarm agar kita tak lupa menyisihkan uang ke tabungan.

Itulab beberapa rangkuman kesalahan menabung yang wajib kalian ketahui agar ketika kalian menabung akan lebih baik karena ini sebuah perkara kecil yang biasa kita tak sadari.

Semangat dalam menabungnya, semoga 6 kesalahan dalam menabung itu dapat membantu teman-teman.

Baca juga :
10 tips Menabung bagi pelajar yang wajib kalian ketahui


Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "6 Kesalahan Dalam Menabung yang Wajib Kalian Tau"