Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Berolaraga Bagi Pemula

14 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Berolaraga Bagi Pemula


Salah satu cara untuk menjaga tubuh untuk tetap bugar dan sehat adalah dengan kita berolaraga. Olaraga adalah aktivitas yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang, tapi ada juga yang menganggap aktivitas olaraga adalah hal yang membosankan.

Ada berbagai macam tujuan yang dilakukan oleh seseorang agar dapat konsisten dalam berolaraga. Saya yakin konsisten dalam berolaraga itu hal yang tak mudah, mungkin pertama-pertamanya semangat sekali hingga akhirnya semangat tersebut menurun.

Saya yakin, tujuan dari kalian berolaraga itu bermacam-macam... Ada yang berolaraga karena memang ingin sehat bugar, tetap produktif, nggak ada kerjaan, atau ingin membuat tubuh menjadi sispack dan terlihat berotot. Tujuan mereka berolaraga tersebut beraneka ragam, tergantung dari apa yang ia ingin capai.

Tips konsisten olaraga bagi pemula

Jujur kalau tujuan saya berolaraga itu agar dapat membentuk otot dan tentunya makin produktif dirumah bukan hanya ngetik di laptop atau main HP, juga tentunya akan lebih sehat.

Kita juga harus memperhatikan tempat kita berolaraga. Olaraga bisa kita lakukan hampir disemua tempat, seperti disekolah, rumah, lapangan, taman, gunung, pantai, dan sebagainya. Kecuali ditempat yang nggak memungkinkan yah, seperti di WC, Masjid, dst.

Konsisten berolaraga adalah salah satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Agar dapat konsisten dalam berolaraga ada berbagai macam hal yang dilakukan oleh seseorang dan saya juga akan membagikan tips yang saya selalu lakukan agar dapat terus konsisten berolaraga.

Kenapa sih kita harus konsisten berolaraga ?? Apa tujuannya gitu ? Sebenarnya pertanyaan seperti itu coba deh tanyakan kepada diri kamu sendiri. Ada banyak hal yang kita dapat dengan konsisten berolaraga, juga kalian akan melihat perubahan besar yang terdapat didalan diri kalian walau konsisten itu sangat sulit untuk dilakukan.

Kalau saya itu lagi semangat-semangatnya olaraga, bisa konsisten 3 sampai 1 pekan dan setelah itu sudah malas dan capek...  Olaraga itu terasa sangat berat untuk dilakukan. Mungkin tips dan pengalaman agar konsisten untuk berolaraga dapat memberikan manfaat.

14 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Berolaraga Bagi Pemula


1. Membuat Jadwal


Jadwal atau schedule tentunya sangat penting dalam melakukan berbagai aktivitas, salah satunya itu aktivitas tubuh yakni olaraga. Dengan kita menetapkan jadwal disetiap sesi olaraga, tentunya kita akan lebih semangat dalam berolaraga.

Dengan membuat jadwal olaraga, olaraga anda pasti akan lebih teratur dan membuat kita akan lebih konsisten berolaraga. Jadwal itu sangat penting dalam menunjang keberlangsungan aktivitas olaraga kita, jika tidak terjadwal bisa jadi olaraga yang kita lakukan tidak efektif.

Coba buat jadwal, misalkan kita ingin berolaraga setiap hari. Kita bisa membuat jadwal olaraga dipagi atau disore hari dengan jam sekian dan waktu sekian. Jadwal ini seperti roster dalam kelas, ketika kita lihat kembali akan menjadi pengigat kalau hal itu harus kita lakukan.

Jadwal ini juga dapat memberikan dorongan semangat, tentunya ketika kita melihat roster kelas dan kita ingat bahwa ada pelajaran yang memiliki PR. Kalau kita tidak mengerjakannya ada perasaan gelisa...

Begitupun dengan jadwal olaraga yang kita lihat akan memberi dorongan semangat.
Pengigat agar kita lebih konsisten olaraga bisa lewat HP, Alarm, Poster atau Buku.
Maka dari itu, buatlah jadwal olaragamu.

2. Buat Tujuan


Tentu disetiap perjalanan, pasti ada tujuannya. Nggak mungkin kita menempu suatu perjalanan tanpa tujuan, kalau nggak memiliki tujuan pasti ujung-ujungnya pusing.

Tujuanpun tidak selamanya baik, pasti ada buruknya. Seperti, kita ingin dapat banyak uang, tapi dengan apa ? Dengan cara halal atau haram. Kita ingin memiliki HP, dengan cara berusaha untuk bekerja atau dengan cara mencuri. Tujuan yang ingin kalian capai dalam olaraga ini apa ?

Tujuan dari pilihan kita bisa jadi menyesatkan, bisa jadi juga itu adalah hal yang terbaik dan jarang kita pikirkan. Maka dari itu, coba kalian pikir dulu apa tujuan kamu berolaraga.
Olaraga dengan tujuan yang baik, pasti hasilnya akan baik juga. Hasil yang kita dapat itu akan bergantung pada tujuan yang kita pilih.

Misalkan, kita berolaraga karena gaya-gayaan... Ceritanya libur akhir pekan ini, kita datang ke gor dan memakai baju keren untuk berlari, agar apa ?? Yap, untuk dilihat oleh orang lain ( mau dapat pujian ). Tujuannya dia olaraga hanya ingin dilihat orang, jadi apapun caranya... Jadi nggak memprioritaskan ke kesehatan. ( Tidak Maksimal )

Berbeda dengan berolaraga dengan tujuan kesehatan, tentunya dia selain berolaraga untuk sehat dia pun selalu makan makanan sehat. Maka dari itu, buatlah tujuan olaragamu.


3. Membiasakan Diri ( Habits )


Habits atau kebiasaan ini tergantung pada diri anda sendiri. Kebiasaan yang baik yang senantiasa kita lakukan itu bisa menjadi hal yang mendasar dari aktivitas kita sehari hari. Kalau sebaliknya, kebiasaan buruk kita juga dapat mendominasi.

Kedua itu adalah tantangan, melakukan kebiasaan yang baik akan terasa sangat sulit jika kita sudah tebiasa dengan hal yang buruk. Membiasakan hal yang buruk, juga sangat sulit jika kita terbiasa melakukan hal yang baik.

Salah satu cara untuk konsisten olaraga adalah membiasakan untuk berolaraga. Nah, sangat sulit rasanya untuk konsisten karena tidak terbiasa olaraga. Jadi, coba kalian biasakan untuk selalu berolaraga dimanapun anda berada.

Yap, emang susah sekali untuk membiasakan ini. Dengan anda membiasakan untuk berolaraga, misalkan kita biasakan olaraga setiap hari selama 30 hari. Dihari pertama sampai 10 hari berikutnya itu adalah salah satu tantangan terberat untuk membiasakan ini.

Dihari ke 20 kita mulai terbiasa, dan dihari ke 30-40.. Saya yakin kalian sudah terbiasa. Jika kita sudah terbiasa olaraga, akan ada alarm pengigat diotak kita ini yang akan senantiasa mengigatkan kita untuk berolaraga dan badan anda juga sudah tidak kaku lagi untuk melakukannya.

Di sepuluh hari pertama, saya yakin sangatlah sulit untuk konsisten olaraga. Salah satu kuncinya untuk melewati hari itu adalah dengan memaksakannya. Dengan kalian berusaha dan terus memaksakannya, seiring berjalannya waktu... Kita akan lebih terbiasa.

Konsisten dalam berolaraga dimulai dari kebiasaan kita sendiri dan tergantung pada diri kita kini. Apa kita ingin memulai atau terus menundanya.

4. Membuat Target


Target atau sasaran ini akan membuat kita lebih konsisten dan bisa mendorong kita agar lebih semangat dalam olaraga. Tentunya dengan Target yang tepat pada sasarannya akan mendapat hasil yang maksimal.

Misalkan, kalian buat target dalam 1 hari saya harus olaraga push up (20 x), squad (30x) dan lainya... Itu jumlah yang minimal dan setiap hari harus terus ditingkatkan.

Dengan adanya target, kalian tidak usah khawatir untuk olaraga apa hari ini dan apa yang dapat kita kalian capai untuk kedepannya. Alhasil, orang yang ingin berotot mulai kelihatan ototnya karena dia punya target.

5. Berani Mencoba


Biasanya kenapa orang bisa malas olaraga itu disebabkan karena tidak mau keluar dari zona nyaman dan selalu berfikiran bahwa aku tidak bisa, pafahal dia belum mencoba untuk melakukannya.

Memberanikan diri untuk terjun bebas melakukan apa yang engkau mau, jangan pernah berfikir kalau kamu tidak bisa. Mau berotot katanya, tapi malas-malasan dan nggak mau untuk mencoba.

Jika kita hanya termenung didalam ketakutan diri kita sendiri, yakin deh sangat sulit bagi kita meraih tujuan. Kalau kita sudah buat tujuan dan target olaraga, lantas dalam pikiran kita terus mengatakan gagal dan nggak berani untuk memulai, bagaimana mau konsisten coba.

Coba mulai dulu, mungkin itu hanya pikiranmu atau godaan setan yang terus menghasutmu hingga tak berani memulai. Kalaupun kamu gagal, setidaknya itu menjadi sebuah pengalaman bagimu dan akan menjadi pelajaran kedepannya.

Ayo mulai segera !!! Nunggu Tua ?

"Orang yang sukses pasti akan terus bangkit dan terus berjuang walau badai menhadangnya"

Baca juga : kenapa bisa kita malas dan cara mengatasinya 

6. Nggak Memaksakan Tubuh


Jangan memaksakan tubuh untuk terus berolaraga, tubuhpun butuh istirahat bro. Apalagi jika kita memaksakan olaraga di awal-awal setelah nggak pernah olaraga sebelumnya, Saya yakin pasti badan kalian sakit-sakit semua setelahnya. Apa jadinya, kalian akan merasa malas lagi untuk berolaraga.

Cara agar konsisten berolaraga, kamu dapat berolaraga dengan beban yang rileks dan santay dulu. Jika beban itu sudah dapat kalian kendalikan... Maka tingkatkanlah ke jenjang yang lebih tinggi lagi, begitu seterunya agar tubuh kalian juga tidak droop di awal-awal.

Memaksakan tubuh disini tentang bagaimana cara kalian mengatur olaraga yang baik dan benar, berbeda ketika memaksakan tubuh untuk berolaraga dan keluar dari zona nyaman.

7. Buat Tantangan


Tantangangan atau challenge juga dapat mendorong semangat kalian untuk tetap konsisten dalam menggapai tujuan. Buat sebuah tantangan agar kalian bisa memberi dorongan pada tubuh anda.

Ada emang orang yang dimana harus dibuatkan tantangan atau hukuman baru mau bergerak. Mulailah tantangan ini dari hal yang sederhana dulu, jangan langsung membuat tantangan yang dapat membahayakan kalian.

Setelah tantangan tersebut telah kalian capai, bolehlah memberi reward atas pencapain tersebut. Dengan demikian,akan terasa menyenangkan olaraga yang kita lakukan ini.

Sesekali kamu bisa berjalan jalan di tokoh sebagai bentuk apresiasi terhadap diri kamu sendiri.

8. Mencari Motivasi


Olaraga itu seperti iman, yang dimana iman kita sedang lemah karena banyak cobaan. Kita bisa meningkatkan kembali dengan cara mengkaji islam dan mencari motivasi islami.

Mortivasi tentu sangat dibutuhkan, ketika sedang malas-malasnya olaraga. Motivasi itu bisa datang dari orang sekitar, diri kita sendiri, atau melalui tontonan.

Motivasi itu akan timbul dengan sebuah dukungan. Setelah semangat kita bangkit lagi,   disitulah tugas kita untuk memulainya.


9. Intropeksi Diri Anda


Jika semangat kita mulai down kembali, coba deh kalian intropeksi diri terlebih dahulu. Sebenarnya apa sih tujuan saya olaraga saya sebelumnya. Jangan sampai kita berhenti tanpa tujuan yang kita harapkan, jangan sampai olaraga kita selama ini hanya menjadi sia-sia saja.

Ini sebenarnya salah satu motivasi yang datang dari diri kita. Jangan sampai saya berhenti olaraga sekarang yang akibatnya dapat berefek ke masa depan saya nantinya.

Motivasi terus diri anda agar tetap konsisten dalam berolaraga. Sadari diri anda bahwa yang olaraga kamu lakukan itu sangatlah baik dan bermanfaat bagimu, jangan sampai penyesalan akan datang.

10. Pantau Kemajuan


Kalau kita bermain game, gamenya akan kerasa lebih seru jika dapat menyelesaikan level-levelnya. Dalam olaraga juga memiliki level, dengan memantau dan melihat statistik dari olaragamu sebelumnya, apa memiliki kemajuan atau begitu-begitu saja.

Olaraga tanpa ada kemajuan atau kemajuannya sangat lambat itu sangat melelahkan, mulainya mencari tau apa penyebab olaragamu memiliki kemajuan yang lambat.

Dengan memantau kemajuanmu, titik keberhasilan dari harapanmu akan lebih cermerlan. Mulailah perbaiki apa yang salah dalam olaragamu.

11. Lakukan olaraga yang anda sukai


Orang berolaraga nggak semua untuk berotot kan, karena banyak sebab lain dia olaraga. Dan saya yakin tidak semua yang suka olaraga push up. Maka, coba mencari apa olaraga yang kamu sukai. Misalkan kamu suka bermain bola, yah bermain bola lah, begitu juga dengan bulutangkis, dsb...

Olaraga yang kita sukai akan cenderung kita akan lakukan ketimbang olaraga yang enggak kita suka. Jika kalian merasa nggak punya olaraga kesukaan, coba lah untuk mencari tau dari sekarang. Olaraga apa yang anda minati dengan menonton, mencoba atau membaca.

Jika kalian emang olaraga karena tujuan lain, yah silahkan diikuti tips agar konsisten olaraga sebelumnya.


12. Meminta dukungan orang disekitar


Nah, faktor lingkungan juga sangat menunjang kita untuk berolaraga, bisa jadi dilingkungan kita kurang mendukung untuk berolaraga ini menyebabkan rasa malas berkepanjangan.

Cobalah mencari dukungan orang disekitar kalian, dapat dengan berbicara baik-baik dengan mereka dengan memberi tahu tujuan kita olaraga. Dukungan dari mereka sangatlah penting.

Walau kita memiliki keinginan kuat untuk olaraga tapi karena terus disuruh untuk membeli ini dan itu, juga akan kerasa sulit untuk melakukannya. Walau kalian mencoba untuk tetap konsisten, kalau nggak ada dukungan dari keluarga itu bisa menjadi sebuah tantangan juga loh.


13. Gabung dengan komunitas Olaraga


Komunitas olaraga atau sekelompok orang yang senang berolaraga, ini juga dapat menjadi pemicu anda untuk konsisten berolaraga. Dengan gabung bersama mereka, mereka akan saling memotivasi dan tentunya akan lebih seru karena kita olaraga tidak sendirian.

Coba cari komunitas olaraga yang sejalan atau olaraga yang kamu sukai. Misalkan komunitas sepeda, bola, bulu tangkis, dll...
Jadi, untuk tetap konsisiten berolaraga itu sudah menjadi hal yang tak lagi sulit karena ada sekelompok orang yang bersama kita.

Cuman masalah dari komunitas ini adalah sangat jarang untuk setiap hari berolaraga biasanya sepekan sekali atau sebulan sekali.


14. Pantang Menyerah


Hal terakhir adalah semangat dan pantang menyerah. Kalau kita hanya semangat diawal lalu jatuh, yah bangun kembali. Jangan jika jatuh tak mau bangun. Jadikan jatuhmu itu sebagai pengalaman agar menjadi pembelajaran kedepannya.

Semangat pantang menyerah ini harus ada didalam jiwa kita jika ingin konsisten berolaraga. 13 tips konsisten olaraga dapat kita jalankan jika selalu semangat dalam prosesnya dan pantang menyerah jika mengalami kegagalan.

Mungkin itu saja 14 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Berolaraga Bagi Pemula yang dapat saya share kepada kalian semoga dapat memberikan manfaat dan tetap semangat dalam olaraganya yah. Semoga harapan kita itu dapat selesai dan menjadi kebanggan bagi kita sendiri atau disekeliling kita.

Baca juga :
Tips agar badan tetap sehat
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "14 Tips Agar Bisa Konsisten Dalam Berolaraga Bagi Pemula"