Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dicuekin ? 12 Alasan Orang lain tidak mendengarkanmu

Dicuekin ? 12 Alasan Orang lain tidak mendengarkanmu


Diantara kita pasti pernah dicuekin oleh seseorang, baik itu teman atau keluarga kita sendiri. Kita pun mulai bertanya-tanya dalam benak kita kenapa sih mereka nggak mendengarkan saya. Ternyata, Ada banyak alasan orang lain tidak mendengarkanmu.

Cuek atau bahasa kerennya itu dikacangi oleh orang, yang pastinya kita agak kesal sama dia kan. Ets.. Tapi kita tidak boleh berfikir buruk dulu, bisa jadi mereka cuek karena kita sendiri loh..

Pengalaman Dikacangin


Entah saya juga kurang tau kenapa bisa dikatain " kacang ". Perasaan kita jika tidak didengarkan oleh orang lain tentunya sangat sedih bukan, saya juga ingin berbagi pengalaman sewaktu saya dikacangi oleh orang lain.

Kejadianya itu disekolah, kejadian ini sering sih. Waktu itu saya lagi dikelas lagi diskusi tentang pelajaran, tapi eh tapi. Sewaktu saya diskusi, entah mereka dengar atau pura-pura tidak mendengar saya. Padahal ada ide dibenak saya waktu itu, Mungkin sih dia tidak dengar karena sedang sibuk mikir juga atau lagi melamun ( berfikir positif aja ).

Alasan kamu dicuekin

Tidak semua sih, jika dikacangin oleh orang akan merasa kesal atau sedih. Ada juga loh orang yang walau tidak dipedulikan oleh lingkungan sekitar akan merasa biasa-biasa saja.

Kalau dikacangin di rumah kayaknya sangat jarang deh. Paling kalau nggak didengarkan pada saat emang situasi lagi ribut atau emang mereka nggak dengar. Kalau saya pribadi, dicuekin itu adalah hal yang biasa-biasa saja jika apa yang saya sampaikan itu sebuah candaan atau hal-hal receh.

Tapi, enggak enaknya itu ketika kita ingin menyampaikan hal yang kita anggap penting. Dari beberapa masalah kalian kenapa bisa dicuekin. Pastinya memiliki Alasan yang menyebabkan kamu dicuekin oleh orang. Berikut 12 Alasan yang saya rangkum...

1. Tidak Mood Ngobrol


Mungkin kamu dikacangi karena dia sedang tidak mood untuk ngobrol, bisa jadi sekarang dia sedang mengalami masalah. Sehingga pada saat kalian ajak ngobrol dia tidak merespon karena sedang memikirkan masalahnya tersebut.

Tidak mood ini sangat mempengaruhi bagaimana seseorang itu berinteraksi, seorang yang biasanya suka ngelawak dan selalu tersenyum, tiba-tiba jadi pendiam dan murung bisa diakibatkan karena dia sedang tidak mood.

Mood itu kalau orang bilang, banyak sekali penyebab kenapa orang itu tidak mood. Suasana bisa jadi sangat panas hingga dia merasa haus dan lapar, moodnya pun ikut-ikutan panas.

Mood yang kurang stabil ini, membuat lawan bicaramu juga otomatis akan cuek dengan kamu. Maka dari itu, coba lihat keadaan dan situasinya dengan begitu kamu bisa lihat moodnya, apa dia sedang ada masalah atau bagaimana. Sehingga, jika kamu ajak bicara bisa tau kuantitas pecakapanmu.


2. Terlalu Banyak Bicara


Terlalu banyak bicara ternyata dapat menyebabkan orang itu minggat sama kamu loh, banyak bicara dalam artian hal yang kurang penting yah. Kalau hal yang bermanfaat sih, yah silahkan dan tau batasan juga.

Orang itu berbeda beda, ada orang yang emang suka dengan lawan bicaranya yang serius, ada yang suka bercanda melulu, ada juga suka bercanda pada waktunya. Jadi, tugas kita yah melihat karakteristik dari lawan bicara kita dulu.

Bisa jadi alasan orang lain nggak merespon kamu itu karena kamu terlalu banyak bicara yang dia nggak suka.

3. Hal Sama Diulang-Ulang


Wajar sih, orang malas merespon kamu jika hal yang sama terus di ulang-ulang. Tentu orang yang kamu ajak ngobrol akan merasa bosan dan terkesan nggak menarik, sehingga dia mulai cuek kepadamu.

Jika masalah itu terus berlanjut, bisa jadi kamu yang dulunya akrab dengan dia malah menjauh dari pembahasanmu. Maka dengan mencari topik yang menarik dan yang lebih dominan dia suka akan membuatmu nggak dicuekin seperti sebelumnya.


4. Dia Nggak Suka Dengar


Ada sebagian orang yang merasa jika kamu itu terlalu risih orangnya karena suka berbicara kasar. Sehingga, apa yang kamu utarakan itu terkesan sangat buruk baginya. Kamu juga harus selalu intropeksi diri, jangan sampai orang menjauhi kamu karena hal itu.

Atau dia sedang ada masalah yang menyangkut kata-kata yang seharusnya kamu nggak ucapkan. Dari ketidak sengajaan menjadi hal yang dapat merusak hubunganmu dengannya.

Baca juga:
6 Cara mengatasi otang yang egois


5. Kamu Menganggu


Misal nih, ada teman yang lagi kerja tugas sekolah dan kamu datang dengan perkataan recehmu. Yah, itu bisa membuat dia terganggu karena sedang sibuk-sibuknya ngerjain tugas. Kamunya yang malah ngereceh dan dia akan menganggapmu  parasit.

Dengan mengetahui situasi yang ada pada lawan bicaramu, akan membuat komunikasimu akan berjalan lebih efektif.

6. Kamu Bermasalah Dengannya


Bisa jadi kamu ada masalah dengan dia, atau ada kata-kata yang dia tidak suka yang kamu dulu ucapkan. Sehingga, ia akan merasa marah terhadapmu dan menyembunyikan kemarahan didalam hatinya.

Jika kamu bermasalah dengan orang lain, mulailah percakapan yang baik dan mencoba memperbaiki keretakan hubungan mu. Jika masalahmu denganya terus berlanjut, bisa jadi nantinya kamu nggak akan diajak bicara lagi.

7. Cara Kamu Mulai Percakapan


Ini hal penentu juga dalam keberhasilan komunikasimu. Jika percakapan yang kamu mulai tidak baik, percakapan yang akan kamu teruskan akan sangat berefek. Begitu juga sebaliknya, Jika kamu memulai percakapan itu dengan baik dan terkesan sopan. Lawan bicaramu akan lebih senang dengan anda.

Jika anda baru pertama kali ketemu dengan seseorang, jangan pernah memberi kesan buruk kepadanya dengan Kata-kata mu itu. Buatlah kesan yang menyenangkan.

Kata-kata kasar yang sering anda keluarkan, coba deh ditahan dan selalu dibiasakan untuk tidak dikatakan. Menahan pekataan yang tidak baik itu, membuat orang senang ngobrol dengan kamu pastinya.


8. Memotong Pembicaraannya


Hal yang kurang nyaman bagi sebagian orang, ketika ada orang yang sedang berbicara kamu menyangga  pembicaraan orang tersebut. Itu terkesan kurang sopan. Jika kalian ingin menyangga percakapannya, setidaknya kamu harus meminta izin atau menunggu dia berhenti bicara (Adab pun harus di perlihatkan ).

Menyangga atau memotong pembicaraan itu akan membuat orang berfikir anda itu orangnya egois. Pada saat anda memotong pembicaaraan orang lain akan membuat orang akan mengabaikanmu ketika sedang berbicara.

9. Berbicara Sembarangan


Dikelas saya teman-teman, kata-kata kotor sudah menjadi bahan makanan kami sehari hari apalagi nge gosipin orang lain. Pokoknya juara deh, belum lagi kalau pelajaran sedang mulai... Tunggu deh akan jadi pasar.

Selain hal itu kurang ajar, kamu akan dianggap  orang nggak berakhlak. Jika tidak ada hal yang dapat kamu bicarakan, saran saya.. Lebih baik diam deh. Dari pada kamu gosip sana sini yang pastinya terkesan buruk.

10. Bicaramu Kurang Jelas


Bagaimana orang bisa merespon dengan baik, jika kamu saja berbicara dengannya kurang jelas. Kalau kamu dikacangin, mungkin ini salah satu penyebabnya. Belum lagi jika kamu bicara dengan gaya panjang x lebar x tinggi.

Mungkin mereka ingin merespon dan mendengarkan kamu, tapi seingatnya kalau kamu itu suka berbicara yang belibet dan kurang penting lah. Sehingga dia merasa dengan komunikasi denganmu itu nggak ada manfaatnya sama sekali.

Coba deh, jika kalian ingin berbicara dengan orang lain. Usahakan susun kalimatmu dengan baik dan padat.

11. Kamu Bicara Dengan Rasa Malu


Bicara dengan malu-malu kepada mereka atau terkesan lambat dan lembut membuatmu akan diabaikan oleh sebagian orang. Berbicara dengan rasa malu itu baik-baik saja, tapi situasikan tempatnya.

Coba deh, latih cara bicaramu itu... Ini bisa diperbaiki dan tentunya lebih baik lagi. Jika kamu berbicara yang baik dan lebih menjiwai apa yang kamu bicarakan, orang cenderung akan mendengarkan perkataan darimu.

12. Kurang Yakin Dengan Penyampaianmu


Kurang yakin dengan apa yang akan kamu bilang ke mereka. Belum lagi jika diskusi di forum atau disekolah, kita memiliki ide. Tapi sayangnya nggak diutarakan dengan jelas karena kita tidak yakin dengan ide yang kita sampaikan bernilai baik bagi sekitarnya atau tidak.

Dengan yakin pada apa yang kamu sampaikan, yakin deh orang akan lebih mendengarkan apa yang kamu bicarakan. kekhawatiran mu ketika ingin menyampaikan sesuatu akan membuat terkesan tidak yakin dengan apa yang ingin kamu ucapkan. Maka, coba buatlah alasan yang jelas untuk mengungkapkan pendapatmu.

Mungkin itu 12 Alasan Orang Lain Tidak Mendengarkanmu. Semoga dengan artikel ini kalian akan bisa menjalani hidup lebih baik dari sebelumnya.

Baca juga:
8 gaya hidup minimalis orang jepang
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

Post a Comment for "Dicuekin ? 12 Alasan Orang lain tidak mendengarkanmu"