Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENGERTIAN, CARA, MACAM-MACAM QURBAN, NIAT, DAN PEMBAHASAN LENGKAP MENGENAI QURBAN

PENGERTIAN, CARA, MACAM-MACAM QURBAN, NIAT, DAN PEMBAHASAN LENGKAP MENGENAI QURBAN

Setiap muslim yang memiliki kekayaan yang cukup atau sudah memenuhi waktu untuk melakukan qur'ban itu diwajibkan untuk melaksanakanya.

Pada tanggal 10 Dzulhijjah atau pada tanggal 11 Agustus 2019 di kalender masehi ummat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan yang namanya kurban.

Sebenarnya kalau kita mau lihat rata-rata orang sudah bisa untuk melaksanakan yang namanya qurban. Coba kita perluas sudut pandang kita, orang diluar sana sangat mudah untuk membeli mobil yang harganya Rp. 150.000.000 dari pada membeli seekor sapi yang harganya Rp. 7.000.000.

Sapi kurban
Sapi Kurban

 Oke lah, kita perkecil lagi, orang sangat mudah membeli Hp yang gonta ganti setiap tahunnya dengan harga 3 jutaan dari pada hanya membeli seekor kambing yang harganya 1,5 jutaan.

Coba di pikir lagi diluar sana masih sangat banyak yang membutuhkan kalian, karna harta seorang muslim itu pasti ada harta orang muslim lainnya didalam.

Oke, kali ini saya akan membahas dengan rinci tentang Qurban. Semoga artikel ini dapat membantu kalian.

PENGERTIAN QUR'BAN

Qurban adalah memotong atau menyembeli kambing, unta, sapi, atau hewan-hewan yang di syariatkan untuk dipotong di dalam islam dan juga memenuhi syarat.

Pengertian qurban menurut bahasa adalah dekat atau mendekatkan bisa juga disebut Udhhiyah atau Dhahiyyah secara harfiah berarti hewan sembelihan.


NIAT QURBAN

Pasti jika kita mau melakukan sesuatu wajib diniatkan untuk apa. Karena Allah melihat niat dan tujuan kalian memotong hewan tersebut. Jangan sampai niat kalian itu hanya untuk pamer kepada orang lain.

Niat untuk melakukan qurban adalah sebagai berikut:

1. Membaca takbir terlebih dahulu lalu membaca "bismillahirohmairrahim"

2. Mambaca shalawat kepada rosulullah:
Allahumma shalli ala sayydina muhammad, wa ala ali sayyidina muhammad, wa ala ali sayyidina muhammad.

Yang Artinya adalah tuhanku, limpahkan rahmat untuk bagina nabi Muhammad dan juga keluarganya.

3. Membaca doa takbir 3 kali dan juga tahmid sebanyak 1 kali.

Allahualbar, allahuakbar, allahuakbar, walillahilham. Dan bisa selalu di gemahkan sebelum melakukan ibadah kurban.

Yang artinya memuji kepada Allah.
"Allah maha besar 3 kali dan segalah puji bagi mu".

4. Bacaan doa pada untuk menyembeli hewan kurban, yanf dilafaskan adalah sebagai berikut:
"Allaahumma haadzihi minka wa ilaika, fataqabbal minnii ya kariim".

Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada engkau. Karenanya Tuhan yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.

Sumber : niat berkurban

sedikit catatan bahwa jika kamu tidak bisa mengucapkan arabnya, islam memudahkan segalanya. Kamu bisa juga membaca dengan bahasa indonesia (bahasa yang kamu pahami).

Oke itu saja, semoga kalian dapat menyebarkan kepada muslim-muslim lainya yang ingin berkurban.

Baca juga:
10 cara menabung yang tepat dijamin sukses

MACAM-MACAM QURBAN

 pasti ada hewan-hewan yang ingin dikurbankan, dan tentunya bermacam-macam jenis, kali ini saya akan membahas bagian yang umumnya saja:

1. Qurban Sapi

Hal yang paling banyak dikurbankan di idul Adha ini adalah sapi karena sapi ini ada dikisaran tengah yang harganya juga cukup terjangkau yang bisa dinikamati di puluhan keluarga.
Sapi kurban
Sapi kurban

Sapi memiliki daging yang empuk juga banyak. Jangan heran kenapa sapi ini memiliki banyak peminat di hari Idul Adha ini.

qurban sapi untuk berapa orang?
Kalau kurban sapi itu bisa untuk 7 orang yang berkurban, begitu pula dengan unta.

2. Qurban Kambing atau domba

Salah satu yang juga banyak dikurbankan di hari raya ini adalah kambing. Bukan hanya itu kambing juga bisa digunakan untuk aqikah.

Qurban seekor kambing itu untuk 1 orang, Jadi hampir sama dengan sapi yang dibayar.
Kurban kambing
Kurban kambing

Harga kambing atau domba ini sangat bervariasi mulai dari 1, 3 juta sampai 10 jutaan. Tergantung jenis dan daerahnya. Yang bisa memiliki bobot kisaran 40 sampai 60 kg.

Baca juga:

6 Tips Mengatasi Orang yang selalu Marah- Marah


3. Qurban Unta

Unta adalah hewan yang bertubuh sangat besar, bahkan melebihi bobot sapi. Tetapi karena unta ini hanya berkembang di sebuah wilayah tertentu.

Hanya saja unta ini tidak ada di indonesia, kalaupun ada bukan untuk disembeli melaingkan sebagai cagar alam.
Kurban unta
Kurban unta


Di luar negeri unta sangat mudah untuk dipotong berbeda jauh dengan di indonesia yang satu saja susah untuk dipotong.



PENGERTIAN SHOHIBUL QURBAN

shohibul qurban adalah pahala kurban tersebut ditujukan kepada isteri, anak, ataupun seluruh keluarganya.

Lebih tepatnya shohibul kurban adalah orang yang memberikan hewan kurbanya untuk disembeli dan harus dimakan oleh orang yang menyembelinya.


Allah SWT berfirman:

" Kemudian apabila telah rebah (mati), maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukkan (unta-unta itu) untukmu agar kamu bersyukur."

(QS. Al-Hajj 22: Ayat 36)

Dalam ayat tersebut dijelaskam bahwa daging kurban tersebut dibagi menjadi 3 bagian.

Di ayat lain juga di jelaskan bahwa ini dibagi menjadi 2 bagian.

Allah SWT berfirman:

 ۚ فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَ طْعِمُوا الْبَآئِسَ الْفَقِيْـرَ ۖ 
" Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir."
(QS. Al-Hajj 22: Ayat 28)

Sumber Ayat: AlQuran Indonesia



KURBAN UNTUK ORANG MENINGGAL

Tapi bagaimana qurban untuk orang yang sudah meninggal apakah islam membolehkannya.

Ustadz Abdul Somad dalam ceramahnya menjelaskan bahwa kurban dengan orang yang sudah meninggal itu tidak diperbolehkan, kecuali jika keluarga tersebut meninggalkan sebuah wasiat kepada keturunanya.

 Dalam Qs. An-Najm 53: 39 Allah menjelaskan:

"Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya”


QURBAN ONLINE

 Bagaimana dengan kurban online, hahaha... Pasti pernah dengar kan.... Ini adalah sesuatu.

Di era sekarang ini pasti sangat banyak yang melakukan kurban online karena dengan perkembangan zaman yang begitu cepat dan canggih.

Caranya pun sangat mudah, cukup dengan transfer uang dan selanjutnya akan di proses oleh orang yang melakukanya. Setelah itu akan di bagikan oleh orang-orang di sekitaran tersebut.

Tapi masalahnya tidak ada hal yang menjelaskan tentang siapa dan bagaimana proses kurban itu dilakukan. Pertanyaan besarnya adalah jaminanya apakah orang tersebut amanah atau tidak.


Hukum Kurban Online

Bagaimana hukum melaksanakan kurban secara online ini. Secara hakikat kurban ini tidak dapat disaksikan langsung oleh orang yang berkurban, tetapi ini diperbolehkan.

Hukumnya adalah sunnah karena tidak ada hadist yang menjelaskan tentang larangan berkurban secara online ini.

Memang seharusnya 1/3 atau 1/2 dagingnya diambil oleh pemiliknya, tetapi untuk kurban online ini, dagingnya tidak diambil oleh siapapun walaupun yang mewakilkan.

Kekurangan kurban online ini salah satunya adalah orang yang berkurban belum tentu tau kapan dan dimana pelaksaan kurban ini sehingga pada tanggal 10 Dzulhijjah ini orang yang berkurban masih bingung kapan batas memotong kukuh dan rambutnya.

Tetapi kalian jangan berkecil hati, karena kurban online ini sangat bagus, misalkan ada yang membutuhkan kita di palastina, kita bisa bantu kecil-kecilan dengan membagikan seekor sapi.

Tapi disarankan untuk mencari situs online penyedia kurban ini yang terpercaya.


QURBAN AQIQAH

Secara bahasa, artinya adalah Qorobah Yaqrobu yang berarti mendekat.
Sedangkan, secara istilah adalah memotong hewan yang dapat dikurbankan pada saat kelahiran anak yang sesuai ketentuan agama.
Aqiqah anak bayi
Aqiqah Anak bayi

Bagaimana kalau Qurban tapi belum aqiqah ?

 Aqiqah itu waktunya sangat terbatas karena bisa dimulai dari hari ke-7 sampai ke-14 atau di kelahiran yang ke-21. Juga banyak masalahnya, misalkan orang tua anak yang baru lahir ini meninggal semua, maka bisa di Aqiqahkan oleh kakek/neneknya selanjutnya menjadi tanggung jawab bibi atau pamanya.

Aqiah ini adalah wujud syukur kepada Allah atas kelahiran seorang anak.

Jika belum aqiqah kalian dapat menggantinya dengan berkurban saja sudah cukup.

Qurban atau aqiqah yang didahulukan, yang mana lebih baik?

Aqiqah itu adalah wujud syukur kehadiran anak yang terlahir, sedangkan kurban itu adalah sedekah yang wajib dikeluarkan.

Aqiqah itu kewajiban orang tua terhadap anaknya dan tidak ada dalil yang menjelaskan tentang kewajiban aqiqah jadi aqiqah itu tidak wajib. Sedangkan, kurban itu adalag sunnah muakkad yang sangat dianjurkan dan wajib bagi yang mampu.

Jadi kita dapat menyimpulkan dari sini bahwa kurban lebih dianjurkan dari pada aqiqah.

Oke itu lah pembahasan yang sangat panjang lebar mengenai Qurban yang di nanti-nanti oleh setiap ummat muslim di seluruh dunia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua dan diri saya sendiri. Share hal bermanfaat ini kepada seluruh kerabat, keluarga ataupun teman anda.

Terkhusus:

Di hari ini ada seorang sahabat dari teman www.ceritaaksi.blogspot.com yang sedang berulang tahun di hari yang paling mulia ini 10 Dzulhijjah pada tanggal 11 Agustus 2019.

Saya ingin mengucapkan Yaumul Milad Annisa, semoga di hari yang setiap muslim nantikan ini menjadi awal dari semangat baru mu dan Jangan pernah melengceng dari belajar agama Allah ini. Amiin....

Tetap menjadi wanita yang patuh Dan selalu mendengar kata-kata orang tua Karena tampa mereka kita tidak ada apa-apanya. Intinya jangan pernah melupakan Agama Allah ini dek yah... Ingat saja semakin bertambahnya umur berarti semakin berkurangnya usia Bye Andi Muh. Aksa
Andi Aksa Perkenalkan nama saya Andi Muh. Aksa Asri atau yang dipanggil Aksa, saya adalah seorang pelajar dari salah satu sekolah Favorit di Makassar. Di blog yang saya bangun ini kami berusaha membuat artikel yang benar-benar berkualitas dan tentunya Original.

1 comment for "PENGERTIAN, CARA, MACAM-MACAM QURBAN, NIAT, DAN PEMBAHASAN LENGKAP MENGENAI QURBAN "